Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 06 2024

    Bikin Resah Masyarakat, Dishub DKI Jakarta Tegaskan Parkir di Minimarket Gratis

    Lo setuju gak, Kawula Muda?

    Bikin resah masyarakat, Dishub DKI Jakarta tegaskan parkir di minimarket gratis (Detik.com/Raja)


    Syafrin Liputo, selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menegaskan, bahwa parkir di minimarket semestinya tidak dipungut biaya alias gratis, Kawula Muda.

    Selain tukang parkir liar, pihak pengelola minimarket juga tidak diperbolehkan memungut biaya parkir sepeser pun.

    Kendati demikian, Syafrin mengaku bahwa masih ada oknum-oknum yang masih meminta uang parkir.

    "Jadi terkait dengan parkir di minimarket sebagaimana regulasi kita, di sana itu parkirnya free. Jadi memang pengelola tidak diperbolehkan memungut," ungkap Syafrin seperti dikutip dari Kompas, Senin (6/5/2024).

    "Tapi memang ada oknum-oknum yang mencoba memanfaatkan karena memang free, mereka mencoba mengatur dan tentu di dalamnya ada seolah-olah menjadi kewajiban si pengemudi untuk membayar, seharusnya kan tidak," sambung dia.

    Dishub DKI tegaskan parkir di minimarket gratisDishub DKI Jakarta tegaskan parkir di minimarket gratis (Kompas/Tria Sutrisna)

    Parkir gratis seharusnya jadi kewajiban pihak minimarket sebagai salah satu bentuk fasilitas yang disediakan.

    Lebih lanjut, Syafrin pun tidak akan bertindak terkait banyaknya masyarakat yang resah terkait tukang parkir liar. Ia bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan bekerja sama memberantas praktik tukang parkir liar.

    "Kami akan berkoordinasi dengan teman-teman Satpol PP untuk penanganan terkait dengan adanya oknum-oknum yang memanfaatkan lokasi-lokasi di minimarket tadi dengan cara memaksa untuk memungut jumlah tertentu," ungkapnya.

    Syafrin menilai, maraknya juru parkir liar di minimarket disebabkan karena adanya peluang.

    Meski petugas pengamanan dari Dishub DKI Jakarta dan Satpol PP sudah melakukan penjagaan, tukang parkir liar kerap kali kembali beraksi jika ada kesempatan.

    "Karena memang itu kan gratis ya. Jadi begitu ada petugas melakukan pengawasan mereka minggir, tapi begitu petugasnya hilang, datang lagi melakukan pengaturan," ujar Syafrin.

    Oleh sebab itu, Pemprov DKI Jakarta bakal mendiskusikan lebih lanjut persoalan ini untuk mengambil tindakan tegas terhadap tukang parkir liar.

    Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

    Editor Team

    COMMENT